Selasa, 15 Desember 2009

tipz Anti gErogi

Badan gemetar,muka pucat, ngomong gagap dan belibetan, wah kacau!!!!!!! gara-gara gerogi kesempatan emas bissa melayang.

Padahal, basically cuma ada dua penyebabnya kita suka gerogi: gara-gara tak pede dan gara-gara penik. Nggak percaya? Contoh gampang aja deh, gerogi didepan cewek.Biar katanya cowok tuh nggak ribet, cewek merhatiin penampilannya, tapi begitu berhadapan dengan "mahluk manis", pesti jadi lain ceritannya. Dari ujung rambut sampe ujung kaki, dari omongan sampai kelakuan, diperhatiin abis-abisan.! Contoh lain yang gampang juga, ketika kita disuruh maju ngerjain soal dipapan tulis sama guru killer!!! Panik kan? Apa lagi jika ditanya-tanyain, wah... ngomongnya jadi a-a, u-u. tapi sudahlah. Mendingan kita siasatin aja biar sifat gerogi itu itu hilang :
  • Enjoy aja
Supaya tidak gerogi, biar kata hati kebat-kebat lantaran nggak pede atau pani, nikmatin aja tuh rasa nggak pede dan panik. kalo kita nikmatin pasti kita akhirnya jadi ngetawain diri sendiri. percaya deh, setelah berhasil ngetawain "ketololan" diri sendiri, selanjutnya dijamin kita bakal bisa bersikap biasa lagi. soalnya begitu berhasil ngetawain diri sendiri , berarti kita mulai sadar buat keluar dari ketololan itu!
  • Self talk
Yang ini khusus buat ngilangin gerogi yang di sebabkan rasa nggak pede. Biar bisa pede dalam waktu singkat cuma ada satu caranya, puji diri sendiri abis-abisan. Misalnya, Gue cakep,,,, gue keren dst. Tapi dalam hati aja ya mujinya, ntar dikatain narsis lagi, sama orang-orang. Hehehe...

  • Relaksasi
Kalo yang ini baru buat ngilangin rasa gerogi karena panik!. Panik tidak bakal terjadi jika kita tenang, dan tenang cuma bisa terjadi kalau kita bisa rileks. mulai sekarang rajin-rajinlah latihan relaksasi otot dan pernafasan, biar begitu rasa panik menyerang badan dan pikiran udah otonatis rileks.

  • Kurangi ngomong, banyakin tersenyum
Suara tuh indikator grogi yang paling menonjol selain warna muka yang berubah pucat atau merah, dan badan yang gemetaran. Berhubungan pucat atau merahnya muka udah nggak mungkin ditutupin lagi, kalo suara mungkin bisa ditutupin. caranya apalagi kalau bukan mengirit kata-kata! Supayamakin sempurna, biar kedut-kedutannya bibir nggak keliatan, tebar senyum aja. OKe?

  • Pegang sesuatu
Maksudnya pegang sebuah barang, yang kecil-kecil aja, seperti pulpen atau pemantik api. Maksudnya biar energi berlebihan yang timbul akibat gerogi itu ada tempat pelampiasannya. Kalo nggak ada tempat pelampiasannya kan gemetarannya badan kelihatan banget! Dari pada badan gemetaran mending pulpen yang gemetaran bukan?

  • Mending duduk daripada berdiri
ini juga nutupin gemetaran badan. Coba deh perhatiin orang yang gerogi dalam posisi berdiri dan oarng yang gerogi dalam posisi duduk, pasti ledih keliatan jelas geroginya orang dalam posisi berdiri.makannya begitu mulai ada rasa gerogi, langsung cari tempat duduk.

  • Cari pemandangan indah
Bisa orang, bisa benda,bisa apa aja deh.. Pokoknya pemandangan yang bisa ngasih efek ngademin hati atau menyedot perhatian. kalo hati adem, pikiran kan jadi tenang.Kalo kita sibuk merhatiin sesuatu dan lupa sama apa yang tadinya bikin gerogi, perasaan juga lebih tenang.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar